Summary 2 semester


Summary Pembelajaran Selama 2 semester
           
            Jadi selama 2 semester ini saya dikenalkan dengan apa itu coding. Rasa penasaran saya terjawab ketika mulai belajar bahasa pemograman. Mulai dari semester 1 saya diajarkan basic-basic dari bahasa pemograman C. Pada awal pertemuan saya diajarkan bagaimana mendeklarasikan suatu variabel,apa itu tipe data , jenis-jenis variabel dan input output data pada C.
Pada bahasa C ada banyak jenis tipe data dasar, diantaranya yang paling dasar:
§  Char: tipe data yang berisi 1 huruf atau 1 karakter.
§  Integer: tipe data untuk menampung angka bulat.
§  Float: tipe data untuk menampung angka pecahan.

Lalu untuk mendapatkan input dari setiap tipe data juga berbeda-beda:

§  Char: scanf(“%c”);
§  Integer: scanf(“%d”);
§  Float: scanf(“%f”);

Setelah itu saya juga diajarkan menjalankan operasi matematika pada bahasa pemograman, pada dasarnya sama dengan matematika biasa. Lalu masuk ke materi repetition(pengulangan) pada bahasa C bisa menggunakan beberapa cara diantaranya:
  •                     While : Kondisi di cek terlebih dahulu
  •                    Do-While : Perintah dijalankan terlebih dahulu, lalu cek kondisinya
  •            For : Pengulangan yang bisa diatur berapa banyaknya, contoh

for(int i=0;i<10;i++){
   printf(“Halo”\n);
              }
Pada koding tersebut akan menghasilkan tulisan Halo sebanyak 10 kali, dimulai dari 0 hingga 9(<10), dilakukan secara increment.

Lalu masuk ke materi array dan pointer. Jadi Array adalah kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama. Array dapat diakses melalui nomor indexnya.
Menurut dimensinya, array dapat dibedakan menjadi :
1.      Array berdimensi satu
  •   Setiap elemen array dapat diakses melalui index
  • Index array secara default dimulai dari 0
  • Deklarasi array : Tipedata_ nama variabel[ukuran]
            2.      Array berdimensi dua
  • Array dua dimensi merupakan array yang terdiri dari m buah baris dan n buah buah kolom. Bentuknya dapat diilustrasikan seperti matrix ataupun tabel.
  • Deklarasi array : Tipedata_nama variabel[baris][kolom]
  Selanjutnya saya masuk ke materi function dan juga rekursif. Jadi pada materi function saya diajarkan jenis-jenis return value pada suatu function seperti int yang akan mengreturn nilai int, void yang tidak mengreturn data apapun dan lain-lain. Sedangkan rekursif adalah suatu perulangan sebuah function. Function akan diulang terus sampai memenuhi suatu kondisi.

Lalu saya lanjut ke materi sorting dan juga searching, dimana sorting terdapat beberapa jenis yaitu:
·       Bubblesort, ini merupakan cara paling basic dalam mengsort data atau bisa dibilang kurang efisien
·       Mergesort, direkomendasikan karena lebih stabil dalam mengsort data.
·       Selectionsort
·       Insertionsort

Masuk ke semester 2 saya mempelajari materi Data Struktur, dimulai dari single
Linked list, lalu doubly linked list, dan terakhir masuk kedalam hashing dan binary tree. Adapun materi pembelajarannya sudah saya buat dalam bentuk blogspot berikut linknya:

·       Linked List

·       Hashing

·       Binary Tree

Sekian summary pembelajaran saya selama 2 semester terima kasih.





Comments