Linked List 25 Februari



Linked List II (Session 2)

Sebelumnya maaf pak telat, saya salah submitnya saya submit ke web https://www.skyconnectiva.com/skysubmit/.

Jadi pada pertemuan kelas besar Data Structure hari ini membahas tentang "Linked List II(bagian 2)" yang dimana dibagi atas:
  1.  Doubly Linked List.
  2. Circular Single Linked List.
  3. Circular Doubly Linked List.
Doubly Linked List
Double Linked List adalah linked list dengan node yang memiliki data dan dua buah arah pointer biasanya disebut next dan prev yang menunjuk ke node sebelum dan node sesudahnya. Sehingga bisa dikakses di next atau prev sebuah node.


Pada dasarnya Doubly Linked List hampir mirip dengan single linked list hanya saja, penghubung antar node terdapat 2 penghubung yaitu next dan juga prev. Dalam Doubly Linked List, prev dari head akan bernilai NULL dan juga nilai next dari tail juga bernilai NULL.

Operasinya pun sama dengan Single Linked List , yaitu:
1. Push
Operasi ini digunakan untuk memasukkan node baru pada sebuah linked list. Pada fungsi push terbagi 2 yaitu,
  • Push Depan(Head)
Pada push depan nilai node akan dimasukkan di bagian depan setiap kali fungsi ini dijalankan. Contoh: Push Depan 1,2,3,4 akan menghasilkan 4,3,2,1.
  • Push Belakang(Tail)
Pada push belakang nilai node akan dimasukkan di bagian belakang setiap kali fungsi dijalankan.
Contoh: Push Belakang 1,2,3,4 akan menghasilkan 1,2,3,4.

2. Pop
Operasi ini digunakan untuk menghilangkan(menghapus) node pada sebuah linked list. Fungsi Pop juga terbagi 2, yaitu PopDepan dan PopBelakang yang membedakan hanya darimana node itu dihapus dari depan/belakang.

Circular Single Linked List

Berbeda dengan yang sebelumnya Circular Single Linked List adalah Linked List yang Node terakhirnya tersambung dengan node pertamanya, sehingga seperti membentuk sebuah siklus searah.

Contoh seperti berikut:
Image result for circular single linked list







Dimana setelah node Z akan terhubung ke node P.

Circular Doubly Linked List

Pada Circular Doubly, hampir sama dengan Single namun pada setiap node terdapat pointer next dan prev. Pada akhir node akan terhubung dengan node awal, begitu juga dengan node awal yang akan terhubung dengan node terakhir. Sehingga membentuk siklus bolak-balik.

Contoh seperti berikut:
Image result for circular doubly linked list








Comments